Jumat, 31 Desember 2010

Sejarah sholat 5 waktu

Berkata sebagian ahli hikmah, adapun asal usul sholat subuh itu terjadi pada nabi adam a.s, yaitu saat ia keluar dari surga ke dunia. Ketika itu malam hari, gelap gulita, nabi adam takut sekali, ketika datang waktu fajar terbit maka sholatlah nabi adam 2 rokaat, rokaat pertama sebagai rasa syukur karena kegelapan telah lenyap, kedua karena telah datang cerahnya matahari. Jadi nabi adam sholat pagi. Sholat dluhur yang mengerjakan pertama kali nabi ibrahim ketika ia di suruh menyembelih nafsu hewaniah ismail anaknya, ketika alloh mengatakan bukan jasad nabi ismail tapi nafsu yg dibunuh, nabi ibrahim bersyukur sekali maka ia sholat 4 rokaat. Rokaat pertama sbg rasa syukur karena kegundahan hatinya telah hilang, rokaat kedua karena mohon bimbingan dan ridlo alloh, rokaat ketiga karena nikmat ternak yg ia punya, rokaat keempat karena telah dapat hidayah dari alloh.

Adapun yg pertama sholat asar adalah nabi yunus a.s ketika alloh mengeluarkan ia dari perut ikan nun. Karena nabi yunus mendapat 4 kegelapan dalam perut itu. Maka sholatlah nabi yunus 4 rokaat.
Yang pertama sholat magrib adalah nabi isa ketika mampu lolos dr kejaran tentara yg hendak menyalipnya atas izin alloh, ketika itu matahari sdg terbenam dan shalatlah isa 3 rokaat.
Sholat isya di lakukan pertama kali oleh nabi musa.

Tidak ada komentar: