Sabtu, 22 Mei 2010

Kanzun najah

Judul: kanzun najah wasurur
judul: terjemah ringkas kanzun najah wasurur.
Ta'lif: syeikh abdul hamid muhamad ali.

Pengantar dari pakpik.
Sulitnya mencari kitab seperti kanzun najah wasurur membuat inisiatif saya menerjemahkan kitab ini. Mungkin karena kitab ini sangat kuno. Semoga bermanfaat.

Apa yg sebaiknya dilakukan:

BULAN MUHARAM

tahukah kamu bahwa bulan muharam adalah bulan yang agung. Keutamaannya banyak yg diketahui. Muharam adalah bulan yg mulia untuk puasa setelah ramadan, kemudian rajab, lalu dzulhijah selanjutnya dzulqoidah dan sa'ban. Muharam adalah bulan alloh yg di muliakan.
Berkata ibnu hajar, diriwayatkan dari khofsoh ra, nabi bersabda: siapa yang puasa akhir bulan haji dan awal bulan muharam alloh menjadikan puasa itu pelebur dosa selama 50 tahun.

Dalam kitab ikhya ulumudin imam ghazali, nabi bersabda: siapa puasa 3 hari bulan muharam yaitu kamis jumat dan sabtu maka alloh menulis untuknya bahwa ia beribadah selama 700 tahun.

HARI ASYURA

Bahwa yg baik dihari asyura adalah menghidupkan malamnya. Jangan lupa dengan mengaji quran atau mendengarkannya, atau dzikir dan banyak berdoa.
Sedang yang baik di siannya adalah amal yg benar. Sholat dan puasa. Berteman dan kasih. Mandi jamas. Memakai celak. Ziaroh ke ulama. Mengusap kepala anak yatim. Memotong kuku dan membaca surat al ikhlas 1000x.

Bulan safar.

Tahukah sobat.
Kesepakatan yang dinukil dari perkataan orang sholeh. Bahwasanya di rebo akhir bulan safar turun balak agung. Yang ingin selamat maka berdoalah di awal bulan safar dan juga di rebo akhir (rebo wekasan).
Berkata seikh addaeroby dalam mujarobatnya bahwa para ulama makrifat billah yg terbuka mata batinnya berkata:
turun di tiap tahun 300000 balak. Dan tiap itu turun di rebo wekasan bulan safar. Karena hari itu lebih gawat gawatnya hari dalam setahun.

Berkata seikh kamil faridud din sakarkanj, dalam aurodnya seikh mughnidin, seperti apa yang ada di jawahirul khoms. Berkata imam albuni dalam kitab alfardas: sungguh alloh menurunkan balak di rebo wekasan bulan safar antara langit dan bumi.
Berkata sejumlah orang sholih, bahwa rebo wekasan bulan safar adalah hari naas yg tetap. Sangat dicintai oleh alloh jika orang itu di hari rebo wekasan membaca surat yasin.
-selanjutnya dibahas tentang hadist mengenai tidak adanya hari naas-

BULAN ROBIUL AWAL.

Yg baik dilakukan dibulan ini adalah banyak sholawat dan puasa.

BULAN RAJAB

ROJAB adalah bulan yg pendek. Sangat baik berpuasa dan istigfar dibulan ini. Pada malam pertama rajab adalah waktu di kabulkannya doa doa. Nabi bersabda, 5 malam yg tidak di tolak doa hamba hamba di malam malam itu yaitu malam awal rajab, malam nisfu sa'ban, malam jumat, malam idul fitri dan malam nahr. Hadist dikeluarkan imam suyuti dari ibnu akir dari abi amamah r.a


 
lebih jauh tentang rebo wekasan

Tidak ada komentar: